Laman

Minggu, 14 September 2014

KEADAAN MARITIM INDONESIA



I
ndonesia merupakan negara kepulauan, dimana antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya dipisahkan oleh laut, tapi dalam hal ini laut bukan menjadi penghalang bagi tiap suku bangsa di Indonesia untuk saling berhubungan dengan suku-suku di pulau lainnya. Sejarah mencatat bahwa kehidupan bahari bangsa Indonesia sudah lahir jauh sebelumnya, hal  ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah  maupun sejarah. Pelayaran dan perdagangan antar pulau telah berkembang dengan menggunakan berbagai macam tipe perahu tradisional, nenek moyang kita menjadi pelaut-pelaut handal yang menjelajah untuk mengadakan kontak dan interaksi dengan pihak luar. Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi, pelayaran yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia (Nusantara) pada zaman bahari telah sampai ke Madagaskar. Bukti dari berita itu sendiri adalah ditemukannya bekas kerajaan Marina yang didirikan perantau dari  Nusantara dan berdasarkan penelitian tipe jukung yang digunakan memiliki kesamaan dengan tipe jukung pada masyarakat Kalimantan yang digunakan untuk berlayar. Dan dari berbagai belahan penjuru Nusantara, juga tersebar banyak bandar atau pelabuhan besar.
Dari penuturan lisan dan relief yang tergambar pada candi-candi baik candi Hindu maupun Budha yang banyak dibangun setelah tahun 500 Masehi, seperti candi Prambanan, candi Borobudur dan lain-lain, juga telah membukti bahwa Nusantara pernah terkenal dengan teknologi perkapalannya, yaitu seperti kapal layar bercadik ganda yang diabadikan pada relief Candi Borobudur  dan Kapal Phinisi yang juga membuktikan diri dengan pelayaran keliling dunianya.
Selain itu, sejarah juga telah mencatatkan dengan tinta emas bahwasannya Sriwijaya, Singasari dan Majapahit pernah menjadi kiblat di bidang maritim, kebudayaan, dan agama di seluruh wilayah Asia. Pada  zaman  kerajaan Sriwijaya telah dibangun angkatan Laut Kerajaan yang terdiri dari para pelaut Nomaden yang lebih kuat dari pada wilayah-wilayah tetangganya. Kemudian  pada akhir  abad  ke-7, angkatan  laut  tersebut telah mendominasi jalur perniagaan laut  melalui Asia Tenggara). Tidak hanya itu, ketangguhan  maritim kita juga ditunjukkan oleh Singasari di bawah pemerintahan Kertanegara pada abad ke-13. Dengan kekuatan armada laut yang tidak ada tandingannya, pada tahun 1275 Kertanegara mengirimkan ekspedisi bahari ke Kerajaan Melayu dan Campa untuk menjalin persahabatan agar bersama-sama dapat menghambat gerak maju Kerajaan Mongol ke Asia Tenggara. Tahun 1284, ia menaklukkan Bali dalam ekspedisi laut ke timur. Kemudian, puncak kejayaan maritim nusantara terjadi pada masa Kerajaan Majapahit (1293-1478). Di bawah Raden Wijaya, Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, Majapahit berhasil menguasai dan mempersatukan nusantara. Pengaruhnya bahkan sampai ke negara-negara asing seperti Siam, Ayuthia, Lagor, Campa (Kamboja), Anam, India, Filipina, China.
Demikian sejarah Indonesia, telah membuktikan bahwa betapa  tangguhnya nenek moyang kita dalam  kemaritiman. Namun, setelah masuknya pelaut-pelaut Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda, yang kemudian secara resmi mulai menduduki wilayah Indonesia  secara perlahan mulai menghilangkan semangat mereka dalam mengarungi samudra, sehingga hal ini menyebabkan kejayaan maritim Indonesia lama-kelamaan  mulai pupus secara perlahan.
Indonesia sebagai Negara yang  besar, yang hampir 70% wilayah Indonesia terdiri atas lautan, mempunyai perbatasan darat dengan tiga negara tetangga, yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sementara perbatasan laut dengan sepuluh negara tetangga, diantaranya Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, India, Thailand, Australia, dan Palau. . Luas kepulauan Indoneia adalah 9,8 juta km² (seluruh wilayah Indonesia), dan luas wilayah lautnya 7,9 juta km².
Secara internasional telah diakui bahwa keberadaan wilayah perairan Indonesia meliputi 4 hal yaitu perairan nusantara, laut teritorial, batas Landas Kontinen, dan batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Pada perairan nusantara, wilayah laut terletak pada sisi dalam dari garis pangkal laut, teluk, dan selat yang menghubungkan antara pulau yang satu dengan pulau yang lain di Indonesia, termasuk di dalamnya danau, sungai, maupun rawa yang terdapat di daratan. Di wilayah laut teritorial laut, kelautan dibatasi 12 mil dari titik ujung terluar pulau-pulau di Indonesia pada saat pasang surut ke arah laut. Batas landas kontinen adalah kelanjutan garis batas dari daratan suatu benua yang terendam sampai kedalaman 200 m di bawah permukaan air laut, dimana sumber kekayaan alam yang berada dalam wilayah batas landas kontinen merupakan milik pemerintah Indonesia, jadi pemerintah Indonesia berhak melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam yang berada di wilayah batas landas kontinen. Dan kemudian pada batas Zona Ekonomi Eksklusif, wilayah laut Indonesia selebar 200 mil yang diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia. Apabila ZEE suatu negara berhimpitan dengan ZEE negara lain maka penetapannya didasarkan kesepakatan antara kedua negara tersebut. Dengan adanya perundingan maka pembagian luas wilayah laut akan adil. Sebab dalam batas ZEE suatu negara berhak melakukan eksploitasi, eksplorasi, pengolahan, dan pelestarian sumber kekayaan alam yang berada didalamnya baik di dasar laut maupun air laut diatasnya. Oleh karena itu, Indonesia bertanggung jawab untuk melestarikan dan melindungi sumber daya alam dari kerusakan.
Dengan menyadari betapa luasnya wilayah laut yang dimiliki oleh Indonesia ditambah dengan posisi silangnya yang sangat strategis, yang terletak di antara dua benua dan dua samudra, hal ini tentu memberikan dampak yang positif bagi Indonesia. Indonesia menjadi memiliki peranan penting dalam lalu lintas laut, selain  itu Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dari potensi laut yang dimilikinya. Yang diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai obyek pariwisata yang begitu menggiurkan,  dan potensi-potensi laut seperti ikan, terumbu karang, dan biota-biota laut lainnya, atau bahkan hartun karun dari kapal laut yang telah tengelam beratus tahun yang lalu, juga memberikan kekayaan tersendiri bagi  negara Indonesia, selama pemanfaatannya itu tidak mengakibatkan berbagai kerusakan-kerusakan alam. Dengan demikian, tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia memiliki rasa bangga terhadap negara Indonesia yang kita cintai ini.
Tetapi, entah mengapauntuk beberapa dekade ini,  negeri ini belum dapat melihat kembali  pentingnya potensi laut, seperti pada zaman kejayaan maritime dulu. Banyak potensi-potensi laut yang belum termanfaatkan secara optimal, bahkan yang lebih tragis negeri ini hanya membiarkan bangsa asing untuk lebih cenderung menguasainya. Hal ini tentu memberikan rasa prihatin, karena sesungguhnya laut tidak hanya memberikan kehidupan dengan sumber daya alam yang luar biasa, tetapi laut juga menjadi jaminan dari kegemilangan suatu bangsa. Tetapi tetap saja pembangunan kelautan cenderung dianaktirikan dan dipinggirkan, sehingga berbagai perangkat ‘management’ sumberdaya kelautan, termasuk untuk pengawasan dan pengendalian sumberdaya kelautan tidak dapat dikatakan memadai apalagi dikategorikan optimal.
Telah  dibuktikan bahwa negara Indonesia  pernah berjaya dimasa lalu karena kemaritimannya. Dan pada masa yang sekarang ini potensi laut itu juga masih dimiliki dan belum termanfaatkan secara optimal. Jika suatu saat nanti Indonesia bisa melangkah menuju revolusi biru yang merupakan usaha dalam meningkatkan produksi pangan atau makanan dengan jalan meningkatkan produksi pangan yang berasal dari laut (sumber daya laut). Dengan demikian secara tidak langsung Indonesia  telah memberikan  kesejahteraan dan ketentraman bagi seluruh masyarakatnya, dan  negara Indonesia juga dapat menjadi salah satu negara maju didunia ini.
Hal ini tentu tidaklah mudah, oleh karena itu  peranan seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia sangatlah dibutuhkan untuk saling bekerja sama demi menyongsong Indonesia yang lebih baik.

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus